Lecturer Weblog | Universitas Negeri Padang

 Rabu, 26-September-2018

Blog Post Section -->

Tips Persiapan Lulus IELTS Efektif Tanpa Biaya (Part 2)


Rabu, 26 Sepember 2018 | 01:51 WIB

Step 4. DO IT!

IELTS Reading and Listening

Bahan latihan bisa anda beli di toko buku yang menjual buku-buku latihan IELTS atau juga bisa anda dapatkan secara gratis di internet karena sudah banyak tersedia secara online baik dalam bentuk buku versi pdf atau website-website penyedia latihan IELTS gratis. Dengan bahan latihan yang sudah tersedia, maka hal yang dilakukan di pertemuan pertama adalah simulasi tes reading. Lakukan tes reading sesuai peraturan dan ketentuan tes sebenarnya. Misalnya posisi di atur sedemikian rupa dengan ‘jarak aman’, pasang alarm sesuai durasi tes, dan tidak berbicara maupun menggunakan alat bantu apapun. Setelah tes reading selesai, istirahat sejenak (10 menit) baru kemudian bertukar lembar jawaban dan memeriksanya sesuai kunci jawaban. Sambil diperiksa satu per satu, setiap jawaban yang salah harus langsung didiskusikan bersama sampai poin tersebut dipahami oleh semua anggota. Setelah diketahui jumlah jawaban yang betul, langsung dicek scorenya secara online di website yang menyediakan penghitung skor IELTS, anda tinggal mengetikkan ‘IELTS calculator’ di google.

Kemudian, jangan lupa untuk menyimpan lembar jawaban dan mencatat score di buku catatan skor IELTS Warriors. Hal ini berguna untuk tracking perkembangan anda di setiap latihan. Jika nanti scorenya sudah stabil di atas 6.5 atau bahkan 7.0 maka inshaAllah anda sudah siap untuk melakukan tes IELTS yang sebenarnya. Metode latihan seperti ini berlaku juga untuk bagian listening di hari ke 2, teknisnya sama persis. Hanya saja untuk listening, anda harus memperhatikan ketersediaan speaker dan ruangan yang tenang (tidak berisik/bising) untuk latihan.

IELTS Writing

Untuk latihan writing di hari ke 3, sebaiknya anda sediakan waktu extra, misalnya 30 menit lebih lama dari biasanya. Sebelum memulai latihan writing untuk pertama kalinya, saya sarankan untuk mendownload/mencari contoh-contoh jawaban writing IELTS dengan score yang berbeda-beda. Misalnya satu contoh writing yang mendapatkan score 5.5, satu contoh writing dengan skor 6, satu contoh writing dengan skor 6.5, satu contoh writing dengan skor 7, satu contoh writing dengan skor 7.5, dan satu contoh writing dengan skor 8. Hal ini deiperlukan agar anda dapat melihat gambaran umum tentang bagaimana karakteristik dari masing-masing skor sehingga bisa dihindari ataupun ditiru. Jika sudah siap, maka bagikan soal dan lembar jawaban. Kemudian lakukan simulasi tes sebagaimana mestinya yang sesuai dengan ketentuan IELTS, khususnya dalam hal durasi. Jika waktunya sudah selesai maka latihan harus dihentikan.

Berbeda dengan reading dan listening, writing tidak memiliki kunci jawaban. Maka solusinya adalah a) 1 lembar jawaban akan dinilai oleh 3 orang lainnya dan penilaian mengacu kepada model yang sudah dilihat di awal, kemudian total nilai akan dibagi 3 untuk mendapatkan nilai rata-rata, atau 2) minta tolong kepada teman/guru/dosen atau siapapun yang sekiranya bisa memberikan penilaian (jangan lupa memberikan panduan penilaian writing IELTS yang bisa didapatkan dari internet. Nilai harus diberikan bersamaan dengan komentar/feedback baik secara spesifik maupun umum. Setelah nilai didapatkan, seperti halnya di bagian reading dan listening, jangan lupa mencatat nilai yang diperoleh oleh masing-masing anggota IELTS Warriors.

IELTS Speaking

Klik disini untuk lanjut membaca...


Klik disini untuk membaca Artikel Bagian 1 (Baca dari awal)